Tugas UPW/Jawa Tengah




JAWA TENGAH 




Jawa Tengah (disingkat Jateng) adalah sebuah Provinsi di Indonesia yang terletak di bagian tengah Pulau Jawa. Ibu kotanya adalah Semarang. Provinsi ini berbatasan dengan Provinsi Jawa Barat di sebelah barat, Samudera Hindia dan Daerah Istimewa Yogyakarta di sebelah selatan, Jawa Timur di sebelah timur, dan Laut Jawa di sebelah utara. Luas wilayahnya 32.548 km², atau sekitar 28,94% dari luas pulau Jawa. Provinsi Jawa Tengah juga meliputi Pulau Nusakambangan di sebelah selatan (dekat dengan perbatasan Jawa Barat), serta Kepulauan Karimun Jawa di laut Jawa.
Pengertian Jawa Tengah secara geografis dan budaya kadang juga mencakup wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta. Jawa Tengah dikenal sebagai "jantung" budaya Jawa. Meskipun demikian di provinsi ini ada pula suku bangsa lain yang memiliki budaya yang berbeda dengan suku Jawa seperti suku Sunda di daerah perbatasan dengan Jawa Barat. Selain ada pula warga Tionghoa-Indonesia, Arab-Indonesia dan India-Indonesia yang tersebar di seluruh provinsi ini.

Sumber: https://id.m.wikipedia.org/wiki/Jawa_Tengah
________________________________________________________________________________

A. Wisata Alam


- Candi Borobudur – Magelang

Candi Borobudur - Magelang




Ikon wisata paling terkenal di Jawa Tengah adalah Candi Borobudur yang terletak di Magelang, tepatnya 40 km arah barat laut Yogyakarta. 



Tempat wisata di Jawa Tengah ini merupakan peninggalan agama Buddha masa lampau. Selain merupakan candi Buddha terbesar di dunia yang sarat akan nilai sejarah, Borobudur juga didapuk sebagai salah satu dari 7 keajaiban dunia. Di kompleks Candi 
Borobudur sendiri terdapat 1.460 relief dan 504 stupa yang hingga sekarang masih terjaga keasliannya. Untuk bisa menikmati jejak sejarah yang sungguh menawan ini, pengunjung hanya akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp15.000 (wisatawan domestik) dan USD20 untuk wisatawan mancanegara. 

-Umbul Ponggok– Klaten

Umbul Ponggok - Klaten
\

Salah satu tempat wisata di Jawa Tengah yang sedang banyak diburu wisatawan adalah Umbul Ponggok yang berada di Klaten. Bagi yang belum tahu, Umbul Ponggok merupakan sebuah kolam renang raksasa yang dikonsep mirip lautan, lengkap dengan ikan, batu karang, dan segala pernik-perniknya.Tidak hanya bisa bermain air, Anda pun bisa menyelam sembari berpose di dalam air. Saking indahnya tempat wisata di Jawa Tengah ini sampai banyak calon pengantin yang menjadikannya lokasi untuk foto prewedding lho.
Objek wisata di Jawa Tengah ini sangat populer beberapa tahun belakangan dan pengunjungnya didominasi oleh kalangan anak muda. Kalau Anda ingin berfoto di sini, tak perlu repot membawa segala macam properti, sebab pihak pengelola sudah menyiapkan semuanya untuk Anda, mulai dari sepeda motor, laptop, sampai tenda.
- Pantai Karang Bolong – Kebumen

Pantai Karang Bolong - Kebumen
Pantai Karang Bolong – Kebumen

Selain terkenal dengan ombaknya yang besar, pantai laut selatan juga populer dengan garis pantainya yang indah. Nah, salah satunya bisa Anda buktikan di Pantai Karang Bolong, Kebumen.
Pantai ini terkenal bahkan sampai ke mancanegara karena keindahan bukit-bukit karangnya. Selain itu, pengunjung juga bisa berwisata dengan nyaman karena di sini banyak terdapat pohon kelapa yang menambah kesan segar.
Membicarakan Pantai Karang Bolong tentu kurang jika tak membahas rumah-rumah burung walet yang terdapat di dalam gua, yakni Gua Pasir, Karangduwur, dan Karang Bolong. Dalam setahun, para petani walet biasanya melakukan proses panen sebanyak 4 kali. Uniknya, mereka akan melakukan upacara khusus untuk meminta keselamatan sebelum melakukan panen air liur walet ini. Tidak heran, sebab medannya memang cukup berbahaya.

___________________________________________________________________________________

B. Wisata Budaya


Kawasan Gua Sunyaragi Cirebon
-Gua Sunyaragi adalah salah satu situs wisata cagar budaya berusia sekitar 400 tahun. Wisata ini merupakan bangunan dengan rongga dan lorong menyerupai gua. Bangunan taman bagian dari Keraton Kasepuhan Cirebon ini sangat unik, satu-satunya di Indonesia. Gua ini didirikan oleh Pangeran Kararangen yang merupakan keturunan Sunan Gunung Jati. Luas komplek bangunannya mencapai 15 hektar, lokasinya dekat dengan akses tol dan stasiun. Tempat ini dulu menjadi tempat menyepi atau untuk tempat istirahat Sultan.

-Kampung Pelangi, Berwisata budaya ke Kampung Pelangi dijamin bakal bikin liburanmu jadi lebih berwarna. Pasalnya, terdapat sekitar 300 rumah yang dicat penuh warna cerah di kampung ini. kesan ceria tampak jelas di lingkungan yang dipenuhi rumah berwarna kuning, pink, ungu, dan biru ini. Karena sedap dipandang, tak heran banyak wisatawan yang asyik berfoto selama berkunjung ke sini. Bahkan, foto-foto dari kampung yang aslinya bernama Gunung Brintik ini sempat disorot oleh berbagai media internasional.
Rupanya sentuhan warna baru sanggup mengubah nasib para warga di dalamnya. Tak ada lagi kesan kumuh yang mengganggu. Perekonomian lokal pun jadi terbantu. Setelah menjadi viral di media sosial, tempat ini pun semakin ramai dikunjungi wisatawan.
Mural dan hiasan daur ulang yang terdapat di dalamnya membuat kesan artistik jadi kian kental di Kampung Pelangi. Temanya pun beragam. Tak hanya tema flora dan fauna, beragam tokoh pewayangan sampai unsur oriental khas etnik Tionghoa pun ada.

kawasan komplek kanoman cirebon
-Keraton Kanoman Cirebon didirikan oleh Pangeran Mohamad Badrudin yang bergelar Sultan Anom I pada 1588 M. Keraton ini didominasi oleh warna putih pada bangunannya.Kompleks area Keraton memiliki luas sekitar 6 hektare dengan halaman yang cukup luas. Keraton ini mempunyai pendopo dengan sebuah altar didalamnya, disini terdapat koleksi piring-piring antik dari Eropa.


-Kota Lama – Semarang


Kota Lama - Semarang

Kota Lama sendiri merupakan sebuah kawasan yang oleh pemerintah kolonial dulu dijadikan sebagai pusat perniagaan. Di sini, Anda bisa menjumpai bangunan-bangunan peninggalan Belanda, seperti Gereja Blenduk, Stasiun Kereta Api Tawang, Jembatan Mberok, PT Pelni, Pabrik Rokok Praoe Lajar, Polder Air Tawang, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Sedikit informasi, Kota Lama Semarang juga dijuluki sebagai The Little Netherland (Belanda Kecil), sebab konsep dan tata kelola tempat di sini sangat mirip dengan salah satu sudut kota di Belanda yang menarik, Anda bisa singgah ke berbagai tempat makan yang masih sangat berbau Eropa, baik dari bangunannya maupun menu yang ditawarkan, salah satunya adalah Toko Oen yang merupakan salah satu tempat wisata kuliner di Semarang yang paling terkenal. Menu favorit pengunjung di restoran ini adalah es krim. 
_______________________________________________________________________________

C. Wisata Buatan 

1. Masjid Agung Jawa Tengah – Semarang


Masjid Agung Jawa Tengah - Semarang
Masjid Agung Jawa Tengah – Semarang

Berkeliling Semarang rasanya tak lengkap kalau tidak mengunjungi salah satu bangunan paling ikonik di kota ini. Ya, apa lagi kalau bukan Masjid Agung Jawa Tengah? Masjid yang dibangun sejak tahun 2001 dan selesai pada tahun 2006 ini mengadaptasi arsitektur Islam, Romawi, dan Jawa.
Di sini, bisa menaiki tower masjid dan melihat indahnya Kota Semarang dari ketinggian. Harga tiket masuknya pun cukup murah, yakni hanya sekitar Rp7.000. Yang paling menarik di sini adalah payung raksasa berjumlah 6 buah seperti yang terdapat di Masjid Nabawi di Tanah Suci.

2. Kampung Batik Laweyan – Solo


Kampung Batik Laweyan - Solo
Kampung Batik Laweyan – Solo

Dari Karanganyar mari bergeser sedikit ke Surakarta, atau yang lebih akrab disebut Solo. Ada banyak objek wisata menarik yang tak boleh dilewatkan ketika berada di sini, salah satunya adalah Kampung Batik Laweyan.
Konon, kampung ini sudah ada sejak Kerajaan Pajang memerintah di Jawa Tengah, yakni sekitar abad 16. Selain bisa berbelanja batik Solo asli, di sini Anda juga akan disuguhi keindahan arsitektur bangunan khas Eropa yang kokoh dan megah, terlihat pada rumah-rumah yang dulunya milik para saudagar batik. Menurut penuturan sejarah, warga kampung ini mulai membatik sejak zaman dulu lewat pitutur Kiai Ageng Henis (kakek Panembahan Senopati). Sampai sekarang, warga Kampung Laweyan masih setia dengan hobi dan pekerjaan membatik.
3. Lawang Sewu – Semarang


Lawang Sewu - Semarang


Meskipun namanya Lawang Sewu, bukan berarti bangunan ini memiliki 1.000 pintu. Hanya saja bangunan ini memang memiliki jumlah pintu yang sangat banyak. Pada zaman dulu, Lawang Sewu dipakai sebagai kantor pusat perkeretaapian di wilayah Semarang. Tidak heran kalau berkunjung ke sini,  akan melihat banyak miniatur kereta yang dipajang di meja yang dilindungi kaca-kaca.
Aura mistis seketika akan menyergap Lawang Sewu pada malam hari. Kalau Anda suka menguji nyali, cobalah datang dan jelajahi bangunan kuno ini ketika matahari sudah terbenam, dijamin bulu kuduk Anda akan merinding. Keindahan dan keklasikan arsitektur bangunannya juga membuat tempat wisata di Jawa Tengah ini sering dijadikan latar fotografi, syuting film, dan semacamnya. Oh ya, di depan Lawang Sewu juga terdapat Tugu Muda yang dibangun untuk mengenang pertempuran 5 hari di Semarang. Tugu Muda juga akan lebih seru kalau dikunjungi pada malam hari. Di sekitarnya ada bangku-bangku kecil yang disediakan untuk pengunjung.
_________________________________________________________________________
1. Something to do 
-Kita bisa mencoba membuat batik di Kampung Batik 
-Kita bisa mengambil spot foto yang bagus di Kampung Pelangi
2. Something to see
-Jangan lupa melihat candi-candi yang berada di Jawa Tengah.
-Kita dapat melihat kampung yang temanya beragam seperti kampung pelangi.
3. Something to buy
-Jangan lupa membeli telur asin Brebes, Sale pisang Cilacap, Serabi Solo, dan makanan oleh-oleh lainnya. 
-kita dapat membeli batik Pekalongan, dll. 

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer